Notis.co.id
Layaknya badan usaha, sebuah media menghasilkan output berupa "produk dagangan". Notis sebagai media berbasis website portal berita sudah barang tentu menggenggam fatsun tersebut. Berita yang tak sekadar berkualitas tapi juga berkarakter hendaknya menjadi produk dagangan unggulan dari situs berita ini.
Kendati ber-DNA website yang kebanyakan dipahami sebagai portal berita yang mengedepankan kecepatan dalam menyampaikan informasi, Notis memilih untuk tetap patuh pada falsafah atau sikap batin "menyajikan berita berkualitas & berkarakter".
Kalau pun itu dianggap telah "kalah" selangkah dari media penganut adu cepat yang tergopoh-gopoh mengandalkan speed power, notis lebih memilih "bersabar" selangkah demi melenting beberapa langkah untuk kemudian menyajikan berita yang lebih lengkap (hasil pendalaman: verifikasi/konfirmasi) dan kaya informasi (pembaharuan atas berita yang telah lebih dulu beredar). Kejelian serta keluasan wawasan redaksi menjadi panglima untuk menggerakkan semua itu.
Harapannya, kesetiaan berupa konsistensi atas sikap batin serupa ini, lambat laun dikenali publik lalu terpatri di benak pembaca, sebagai cerminan audiens menyukai menu sajian Notis. Karakter demikian perlu dijaga dan terus dikembangkan demi mem-branding Notis sebagai website berita yang "Memang Pantas Diingat".
Berkualitas & Berkarakter
Validasi atau menguji kesahihan sebuah fakta dan data mesti benar-benar menjadi spirit tunggal yang dikantongi segenap kru redaksi Notis. Ini sudah menjadi pijakan umum atau keniscayaan bagi setiap jurnalis profesional. Lantaran sudah menjadi pakem umum kebanyakan media, lantas dimana letak pembeda implementasinya di Notis?
Secara akademis, anak kembar identik sekalipun, ternyata bisa saja memiliki karakter atau sifat yang saling bertolak belakang. Demikian pula dengan Notis. Kendati mengusung spirit berkualitas seperti harapan kebanyakan media, tetap ada peluang untuk tampil berbeda. Pintu masuk ke ruang pembeda itu kita sebut sebagai karakter. Watak khas ini yang perlu ditampilkan Notis.
Pembeda paling mudah dikenali audience adalah tampilan. Tampang yang eye catching sangat berpotensi menyedot perhatian pengunjung website Notis. Ini mungkin yang selaras dengan tagline sebuah merek dagang yang berujar, "Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda".
Notis tentu tak mau hanya berhenti sebatas memikat pengunjung lewat tampilan. Notis juga tak rela melepas kehendak "terserah Anda (pengunjung)". Notis berkepentingan untuk terus "menghipnotis" pengunjung agar berkenan menyimak berita yang diketengahkan. Tak berhenti di situ. "Kesan pertama begitu menggoda..." itu, hendaknya mampu membikin pembaca kesengsem dengan karakter Notis dalam meramu tulisan berita.
Untuk kemudian "sihir" tadi berlanjut dan mampu menavigasi alam pikir pengunjung untuk terus menjelajahi sajian berita lain di kanal Notis. Sampai akhirnya pembaca dirasuki oleh karakter Notis yang menggelayut kuat di benak mereka, hingga melahirkan rasa kangen untuk kembali dan terus kembali mengunjungi "dunia" Notis yang "Memang Pantas Diingat".
Narasi panjang dan analogi di atas disampaikan untuk mengerucut pada "titik kumpul". Bahwa profesionalisme dan karakter media yang hendak dituju hanya dapat dijangkau bila insan redaksi yang menggawangi Notis memiliki wawasan serta cita rasa atau selera berpikir dan menulis yang mumpuni.
Semua itu bisa terpenuhi kalau dan hanya jika insan redaksi punya daya membaca yang kuat dan berselera. Sebab, "Kamu adalah apa yang Kamu baca" dan "Penulis yang baik selalu diawali sebagai pembaca yang baik".